Minggu, 09 Oktober 2011
Cara kerja Perpindahan data dengan menggunakan alat-alat input
Pertanyaan : Jelaskan
Cara kerja Perpindahan data dengan menggunakan alat-alat input ?



Input Device (Alat Input)
Adalah Alat-alat yang berfungsi memasukan data atau perintah ke dalam komputer.

Ada cara dasar memasukkan data ke dalam komputer,
Misalnya menggunakan Keyboard, alat penunjuk (
pointing device), input otomasi (secara magnetis atau optis) dan dapat menggunakan pembicaraan dengan komputer.




  • Keyboard
  • Alat penunjuk
    • Mouse
    • Trackball
    • Touch screen
    • Light pen
    • Unit remote Control
  • Alat Input Otomasi Data Sumber
Meskipun input komputer dapat dilaksanakan cukup cepat oleh operator berpengalaman dengan menggunakan keyboard dan alat penunjuk, kecepatannya lebih lambat daripada kecepatan komputer. Kecepatan input manusia diinput dalam jumlah karakter perdetik atau kata permenit. Sementara kecepatan pemrosesan internal komputer diukur dalam jutaan instruksi per detik (Million Instruction Per Second / MIPS). Kecepatan input yang relatif lambat dapat menciptakan antrian input dari data yang menunggu untuk dimasukkan ke dalam komputer. Sejumlah perusahaan telah mengurangi antrian input dengan menggunakan otomasi data sumber (source data automation, SDA) SDA mengacu pada pembacaan data langsung dari dokumen atau obyek. Terdapat dua teknologi dasar yaitu, pembacaan optis dan pembacaan magnetis.


  • Alat pembaca Optis
Alat input yang membaca data dengan menyinari suatu sinar terang di atas data dan kemudian menangkap citra yang terpantul pada matriks sel-sel photoelectric disebut unit pembaca optis atau scanner. Pendekatan input komputer ini disebut OCR (Optical Character Recognition). Jenis-jenis pembaca optis ini a.l. : optical mark reader, bar code reader, optical character reader, handprint reader.

  • Alat pembaca Magnetis
Bentuk otomasi data pertama yang berhasil adalah magnetic ink character recognition (MIC), yang diperkenalkan pada akhir 1950-an oleh American Banking Association. ABA memerintahkan agar karakter-karakter khusus dicetak dibagian bawah cek dengan menggunakan tinta khusus. Tinta khusus tsb. berisi zat yang dapat diberi muatan magnet segera sebelum dibaca. Kombinasi tinta dan bentuk khusus karakter tsb, memudahkan proses membaca oleh komputer.

  • Alat input pengenal Suara
Sekarang memasukkan perintah atau data ke komputer dapat dilakukan hanya dengan berbicara ke dalam mikropon yang dihubungkan pada unit engenal suara. Unit pengenal suara (speech recognition unit) menganalisis pola suara dan mengubahnya menjadi bentuk digital untuk diproses.
Meskipun model prototipe dari unit pengenal suara ini diuat pada akhir 1950-an, baru pada tahun 1970-an diproduksi secara masal. Sebagian besar unit mensyaratkan seorang pemakai tertentu untuk melatih sistem itu mengenali suaranya dengan mengucapkan kosa kata tertentu. Ketika kata-kata tersebut diucapkan, kata-kata itu dikodekan menjadi bentuk digital oleh sistem. Setelah tiap kata diucapkan beberapa kali, suatu pola digital disimpan untuk acuan selanjutnya. Jenis sistem ini umumnya disebut speker-dependent system.
Untuk mengatasi keterbatasan dari sistem yang hanya mengenali suara satu pemakai saja, dikembangkan pengenal suar jenis speaker-independent system yang berbeda sama sekali. Proses pengenalannya didasarkan pada bagaimana kita berbicara daripada apa yang dikatakan. Teknik ini menjanjikan mampu mengenali semua pemakai yang berbicara dalam bahasa apapun asalkan proses pembuatan model suaranya telah dilakukan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;